Welly dan murid

Welly dan murid
Siswa SMA YPPI 1 Surabaya seusai berpantomime

Jumat, 08 Juli 2011

Drama radio ke 1

Drama radio
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Rekaman bermain radio di Belanda (1949), Spaarnestad Foto

Drama radio (atau drama audio, memutar audio, memutar radio, [1] radio teater) adalah kinerja, didramatisasi murni akustik, disiarkan di radio atau diterbitkan pada media audio, seperti kaset atau CD. Dengan tidak adanya komponen visual, drama radio tergantung pada efek dialog, musik dan suara untuk membantu pendengar membayangkan karakter dan cerita. "Ini adalah pendengaran dalam dimensi fisik tetapi sama kuat sebagai kekuatan visual dalam dimensi psikologis." [2]

"Seneca telah diklaim sebagai pelopor drama radio karena dramanya dilakukan oleh pembaca sebagai memainkan suara, bukan oleh pelaku sebagai permainan tahap, tetapi dalam hal ini Seneca tidak memiliki penerus signifikan sampai abad ke-20 teknologi dimungkinkan penyebarluasan suara memainkan "[3] Drama Radio. dicapai popularitas yang luas dalam satu dekade pembangunan awal pada 1920-an. Pada tahun 1940-an, itu adalah hiburan populer internasional terkemuka. Dengan munculnya televisi pada 1950-an, bagaimanapun, drama radio kehilangan sebagian popularitasnya, dan di beberapa negara, tidak pernah kembali penonton besar. Namun, rekaman OTR (lama waktu radio) bertahan hidup hari ini di arsip audio kolektor dan museum, serta beberapa situs online seperti Internet Archive.

Pada 2011, drama radio memiliki kehadiran minimal di radio terestrial di Amerika Serikat. Banyak drama radio Amerika dibatasi untuk rebroadcasts atau podcast program dari dekade-dekade sebelumnya. Namun, negara-negara lain masih harus berkembang tradisi drama radio. Di Inggris, misalnya, BBC memproduksi dan siaran radio baru ratusan memainkan setiap tahun di Radio 3, Radio 4, dan Radio 7. Drama ditayangkan setiap hari di Radio 4 dalam bentuk memainkan sore, bermain Jumat malam, drama singkat yang dimasukkan dalam program Jam Woman harian ini, Sabtu Minggu memainkan dan serial klasik. Di Radio 3 ada drama dan Minggu malam, di slot dicadangkan untuk drama eksperimental, Wire [4]. Output drama di Radio 7, yang terdiri sebagian besar dari program arsip, adalah terutama terdiri dari komedi, thriller dan fiksi ilmiah. Podcasting juga menawarkan sarana untuk menciptakan drama radio baru, di samping distribusi program vintage.

Istilah "audio drama" [5] atau "audio teater" kadang-kadang digunakan secara sinonim dengan "drama radio" dengan satu perbedaan penting:. Drama teater audio atau audio tidak dimaksudkan khusus untuk disiarkan di radio [rujukan?] Drama Audio, apakah baru diproduksi atau OTR klasik, dapat ditemukan di CD, kaset, podcast, webcast dan siaran radio konvensional. Radio dokumenter drama juga disebut "fitur".

Berkat kemajuan dalam perekaman digital dan distribusi internet, drama radio sedang mengalami kebangkitan kembali. [6]
Isi
[Sembunyikan]

1 Sejarah
1.1 Awal tahun
1.2 Meluasnya popularitas
1.3 Penurunan di Amerika Serikat
Radio 1,4 drama hari ini
2 Radio drama di seluruh dunia
3 Bacaan lebih lanjut
4 Lihat juga
5 Referensi
6 Pranala luar
6.1 On-garis audio drama

Sejarah
Awal tahun

Drama radio jejak akarnya kembali ke tahun 1880-an. "Pada tahun 1881 insinyur Clement Ader Perancis telah mengajukan paten untuk 'perbaikan Alat Telepon di Teater'" (Théâtrophone) [7] Bahasa Inggris drama radio tampaknya telah dimulai di Amerika Serikat.. [Rujukan?] Sebuah Line Pedesaan tentang Pendidikan , sketsa singkat khusus ditulis untuk radio, ditayangkan di Pittsbugh yang KDKA pada tahun 1921, menurut sejarawan Bill Jaker [rujukan?] koran rekening laporan zaman pada sejumlah percobaan drama lain dengan stasiun komersial Amerika radio:. KYW menyiarkan musim opera lengkap dari Chicago mulai November 1921. Pada bulan Februari 1922, seluruh Broadway komedi musik dengan gips asli ditayangkan dari studio WJZ itu Newark. Aktor George Rahmat dan Herbert Hayes dilakukan sebuah memainkan seluruh dari stasiun San Francisco pada musim panas 1922. [Rujukan?]

Sebuah titik balik penting dalam drama radio terjadi ketika Schenectady, WGY New York, setelah sukses uji coba pada 3 Agustus 1922, mulai siaran studio mingguan full-length memainkan tahap September 1922 efek suara [rujukan?], Menggunakan musik, dan reguler rombongan aktor, Pemain WGY. Sadar dari seri ini, direktur WLW Cincinnati mulai teratur siaran satu-bertindak (serta kutipan dari karya lama) pada bulan November. Keberhasilan proyek ini menyebabkan pengekor di stasiun lainnya. Pada musim semi tahun 1923, potongan dramatis asli yang ditulis terutama untuk radio ditayangkan pada stasiun di Cincinnati (Ketika Cinta diantaramu oleh WLW Fred Smith), Philadelphia (Gelombang Rahasia oleh Clyde A. Criswell) dan Los Angeles (Di Rumah atas KHJ). Pada tahun yang sama, WLW (Mei) dan WGY (pada September) disponsori scripting kontes, mengundang pendengar untuk menciptakan drama asli akan dilakukan oleh rombongan dramatis stasiun-stasiun '[rujukan?].

Daftar di The New York Times [8] dan sumber-sumber lain untuk Mei 1923 mengungkapkan setidaknya 20 penawaran dramatis dijadwalkan (termasuk satu-tindakan, kutipan dari drama lagi, lengkap tiga-dan empat-tindakan memainkan, operettas dan adaptasi Molière), baik sebagai di-studio produksi atau siaran jauh dari teater lokal dan gedung opera.

Studi yang serius dari drama radio Amerika tahun 1920-an dan 1930-an awal, di terbaik, sangat terbatas. Pelopor tanpa tanda jasa seni meliputi: WLW Fred Smith; Freeman Gosden dan Charles Correll (yang mempopulerkan serial dramatis); Tim Jam Eveready kreatif (yang dimulai dengan memainkan satu babak tapi segera bereksperimen dengan jam-panjang kombinasi drama dan musik berbagai program mingguan); akting berbagai kelompok-kelompok di stasiun seperti WLW, WGY, KGO dan sejumlah orang lain, sering dijalankan oleh wanita seperti Helen Schuster Martin dan Wilda Wilson Gereja; awal penulis kesinambungan jaringan seperti Henry Carlton Fisk, William Ford Manley dan Don Clark, produser dan sutradara seperti Clarence Menser dan Gerald Stopp, dan daftar panjang lain yang dikreditkan pada waktu itu dengan sejumlah inovasi tetapi yang dilupakan atau undiscussed hari ini. Buku terbaru Elizabeth McLeod pada awal bekerja Gosden dan Correll merupakan pengecualian utama, seperti Richard J. Tangan 's 2006 studi radio horor, yang meneliti beberapa program dari tahun 1920-an dan awal 1930-an.

Lain drama radio terkenal awal, salah satu yang pertama terutama ditulis untuk media di Inggris, itu Bahaya oleh Richard Hughes, disiarkan oleh BBC pada tanggal 15 Januari 1924, tentang sekelompok orang yang terjebak di sebuah tambang batubara Welsh. Salah satu drama paling awal dan paling berpengaruh radio Prancis adalah pemenang hadiah "Marémoto" ("gempa dasar laut"), oleh Gabriel Germinet dan Pierre Cusy, yang menyajikan akun yang realistis dari sebuah kapal tenggelam sebelum mengungkapkan bahwa karakter sebenarnya aktor berlatih untuk siaran. Diterjemahkan dan disiarkan di Jerman dan Inggris oleh 1925, memainkan awalnya dijadwalkan oleh Radio-Paris ke udara pada 23 Oktober 1924 tetapi bukannya dilarang radio Prancis sampai 1937 karena pemerintah takut bahwa pesan SOS dramatis akan keliru untuk marabahaya asli sinyal.

Pada tahun 1951, penulis Amerika dan produser Arch Oboler menyarankan bahwa Lights Out Wyllis Cooper (1934-1947) adalah drama radio pertama yang benar untuk menggunakan kualitas yang unik dari radio:

Drama radio (seperti dibedakan dari teater memainkan direbus ke ukuran kilosaikel) dimulai pada tengah malam, di tengah tiga puluhan, di salah satu lantai atas Merchandise Mart Chicago. Para bapak adalah seorang penulis gemuk dengan nama Wyllis Cooper. [9]

Meskipun seri ini sering ingat hanya untuk cerita-cerita mengerikan dan efek suara, script Cooper untuk Lights Out yang ditulis dengan baik dan menawarkan inovasi jarang terdengar di drama radio awal, termasuk beberapa perawi orang pertama, aliran monolog kesadaran dan script yang kontras dengan duplicitious karakter internal monolog dan kata-kata yang diucapkan-Nya.

Pertanyaan yang pertama untuk menulis stream-of-kesadaran drama untuk radio adalah satu sulit untuk menjawab. Pada tahun 1930, Tyrone Guthrie telah menulis bermain untuk BBC seperti Berita Pernikahan (yang terdiri sepenuhnya dari pikiran seorang wanita pelayan toko menunggu kencan buta) dan The Bunga Apakah Bukan untuk Anda untuk Pilih (yang terjadi dalam pikiran seorang pria tenggelam) . Setelah mereka diterbitkan pada tahun 1931, memainkan Guthrie ditayangkan di jaringan Amerika. Sekitar waktu yang sama, Guthrie sendiri juga bekerja untuk jaringan radio Kereta Api Nasional Kanada, memproduksi memainkan ditulis oleh Merrill Denison yang menggunakan teknik serupa. Sebuah artikel 1940 di Variety dikreditkan bermain 1932 NBC, Minum Jauh oleh Don Johnson, sebagai yang pertama stream-of-kesadaran bermain ditulis untuk radio Amerika. Klimaks dari 1931 Skyscraper bermain Lawrence Holcomb NBC juga menggunakan variasi dari teknik (sehingga pendengar bisa mendengar pikiran akhir dan kenangan menghidupkan kembali seorang pria jatuh ke kematiannya dari bangunan judul).

Mungkin ada contoh sebelumnya dari stream-of-kesadaran drama di radio. Sebagai contoh, pada Desember 1924, aktor Paul Robeson, kemudian muncul dalam kebangkitan Eugene O'Neill Jones Kaisar, dilakukan adegan dari bermain lebih WGBS New York untuk pujian kritis. Beberapa pendongeng banyak dan monologis pada awal tahun 1920-an radio Amerika mungkin bisa mengklaim tanggal bahkan lebih awal.
Meluasnya popularitas

Mungkin yang paling terkenal radio Amerika siaran drama Orson Welles, The War of the Worlds, versi 1938 dari HG Wells novel, yang meyakinkan sejumlah besar pendengar bahwa invasi yang sebenarnya dari Mars sedang berlangsung [10].
Radio ditulis dan dilakukan di Phoenix, Arizona oleh anak-anak Junior Artists Club (federal Seni Program, 1935) Program.

Pada akhir 1930-an, drama radio populer di Amerika Serikat (dan juga di bagian lain dunia). Ada puluhan program dalam genre yang berbeda, dari misteri dan thriller, untuk opera sabun dan komedi. Ada upaya sesekali di lebih "sastra" bekerja [rujukan?], Seperti Under Kayu Susu (1954) dan "Play untuk Voices" oleh Dylan Thomas. Banyak dramawan, novelis dan penulis skenario, sampai awal mereka pada drama radio, termasuk Caryl Churchill, Rod Serling, Irwin Shaw dan Tom Stoppard.
Penurunan di Amerika Serikat

Setelah munculnya televisi, drama radio pernah sembuh popularitasnya di Amerika Serikat. CBS Paling tersisa dan drama radio NBC dibatalkan pada tahun 1960. [11] Radio drama jaringan terakhir berasal selama "Golden Age" Amerika radio, Ketegangan dan Hormat Sesungguhnya, Johnny Dolar, berakhir pada September 30, 1962 [12].

Ada beberapa upaya di drama radio sejak saat itu. Pada tahun 1960, Dick Orkin menciptakan seri petualangan Manusia sindikasi komik populer Ayam. Terinspirasi oleh The Tampilkan Indung, dibangun "empat atau lima orang gila" dari Teater Firesign berikut besar dengan drama satir mereka pada rekaman mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan yang dramatis melekat dalam stereo. Sebuah kebangkitan singkat produksi dimulai pada awal 1970-an menghasilkan Hour Nol, yang diselenggarakan oleh Rod Serling tentang Sistem Penyiaran Mutual, Earplay NPR dan veteran Himan Brown CBS Theater Radio Misteri, kemudian diikuti oleh Sears / Teater Radio Reksa, yang baru diproduksi episode dari seri 1950-an mantan X, Minus One dan bekerja dengan generasi baru dramawan, terutama Yuri Rasovsky, Thomas Lopez dari ZBS dan sketsa dramatis mendengar di humoris Garrison Keillor s A Companion Depan Prairie. Sebagian besar berkat ke Wakaf Nasional untuk Seni dan Humaniora, radio publik terus udara segelintir drama audio sampai pertengahan 1980-an. Dari tahun 1986 sampai 2002, produser Radio Publik Nasional yang paling konsisten dari drama radio Joe Frank istimewa, bekerja dari KCRW di Santa Monica. Juga, serial dramatis Ini Dunia Anda mengudara dua kali sehari pada pagi Tampilkan Joyner nasional sindikasi Tom.
Drama radio hari ini

Drama radio tetap populer di sebagian besar dunia. Stasiun memproduksi drama radio sering komisi sejumlah besar script. Biaya yang relatif rendah memproduksi sebuah drama radio yang memungkinkan mereka untuk mengambil risiko dengan karya oleh penulis yang tidak diketahui. Radio dapat menjadi tempat pelatihan yang baik bagi para penulis drama awal sebagai kata-kata tertulis merupakan bagian yang jauh lebih besar dari produk jadi; garis yang buruk tidak dapat dikaburkan dengan bisnis panggung.

Karena keadaan eksternal di Jerman pascaperang, di mana sebagian besar teater hancur, drama radio menggelegar. Antara 1945-1960 itu telah dimainkan lebih dari 500 radio yang memainkan setiap tahun. Sampai hari ini Jerman adalah negara dimana drama radio yang paling diproduksi dan mendengarkan [13].

Di BBC ada dua sinetron yang sedang berlangsung radio: Para Pemanah di BBC Radio 4 dan Silver Street di Jaringan Asia. Sabun Westway, ketiga pada World Service berakhir pada Oktober 2005 [14] tapi terus di ulang-berjalan di BBC Radio 7.

Format audio yang ada Drama sisi-by-side dengan buku disajikan di radio, dibaca oleh aktor atau oleh penulis. Di Inggris dan negara-negara lainnya ada juga yang cukup sedikit komedi radio (baik stand-up dan komedi situasi). Bersama-sama, program ini memberikan hiburan di mana televisi yang baik tidak diinginkan atau akan mengganggu (seperti saat mengemudi atau mengoperasikan mesin).

Kurangnya visual juga memungkinkan pengaturan fantastis dan efek yang akan digunakan dalam drama radio di mana biaya akan menjadi penghalang untuk film atau televisi. Panduan Hitchhiker untuk Galaxy pertama kali diproduksi sebagai drama radio, dan tidak diadaptasi untuk televisi sampai lama kemudian, ketika popularitasnya akan menjamin untung yang memadai untuk biaya tinggi dari setting futuristik.

Pada kesempatan serial televisi dapat dihidupkan kembali sebagai seri radio. Sebagai contoh, sebuah serial televisi lama berjalan tetapi tidak lagi populer dapat dilanjutkan sebagai serangkaian radio karena biaya produksi berkurang membuat biaya-efektif dengan audiens yang lebih kecil. Ketika sebuah organisasi memiliki kedua saluran televisi dan radio, seperti BBC, fakta bahwa tidak ada royalti harus dibayar membuat ini bahkan lebih menarik. Kebangunan rohani radio juga dapat menggunakan aktor mengulangi peran televisi mereka bahkan setelah puluhan tahun karena mereka masih terdengar kurang lebih sama. Seri yang memiliki pengobatan ini termasuk Doctor Who, Angkatan Darat Dad, Thunderbirds [meragukan - mendiskusikan] dan Rakyat Besok.

Siaran reguler drama radio dalam bahasa Inggris dapat didengar pada BBC, Radio 3 Radio 4 dan BBC 7, di Radio 1 dari Canadian Broadcasting Corporation, dan pada RTE Radio 1 di Irlandia. BBC Radio 4 pada khususnya terkenal untuk drama radio, siaran ratusan memainkan satu kali per tahun di untaian seperti The Putar Sore, selain serial dan opera sabun. Para Oneword stasiun komersial Inggris, meskipun sebagian besar siaran pembacaan buku, juga dikirimkan sejumlah memainkan radio dalam cicilan sampai ditutup pada tahun 2008.

Di AS, drama radio dapat ditemukan pada ACB radio, diproduksi oleh American Council dari Buta dan XM Radio, dan kadang-kadang sindikasi, seperti Teater Imajinasi Jim Prancis produksi. Semakin banyak program radio agama stasiun udara harian atau mingguan biasanya ditujukan untuk khalayak yang lebih muda, seperti Adventures in Odyssey (1700 + stasiun sindikasi), atau tanpa borgol! (1.800 stasiun sindikasi - menjalankan drama radio terpanjang sepanjang masa), yang diarahkan untuk orang dewasa. Jaringan kadang-kadang menjual transkrip menunjukkan mereka pada kaset atau CD atau membuat tersedia untuk mendengarkan menunjukkan atau men-download melalui Internet. Transkripsi rekaman dari banyak pra-acara televisi telah diawetkan. Mereka dikumpulkan, direkam ulang ke CD audio dan / atau file MP3 dan diperdagangkan oleh penggemar saat ini sebagai tua-waktu program radio. Sementara itu, veteran seperti Yuri Rasovsky (Teater National Radio of Chicago) dan Thomas Lopez (ZBS Foundation) telah mendapatkan pendengar baru pada kaset, CD dan download. Pada pertengahan 1980-an, non-profit LA Theatre Works meluncurkan seri radio direkam sebelum penonton hidup, yang mempertahankan terus lemah di radio umum, sementara pemasaran produksi pada compact disc.

Dengan teknologi abad ke-21, drama radio modern, juga dikenal sebagai teater audio, telah mengalami kebangkitan, dengan pertumbuhan jumlah produsen independen yang mampu membangun penonton melalui distribusi Internet [6]. Meskipun ada beberapa program akademik di Amerika Serikat yang menawarkan pelatihan dalam produksi drama radio, organisasi seperti Audio Festival Teater Nasional mengajarkan kerajinan untuk produsen baru.

Era digital juga telah menghasilkan gaya perekaman yang berbeda dari rekaman studio Golden Age drama radio itu. Tidak Dari Ruang (2003) tentang XM Satellite Radio adalah radio nasional pertama bermain dicatat secara eksklusif melalui Internet di mana aktor suara semua di lokasi yang terpisah. XM terus udara drama radio modern pada saluran Radio Kitab nya (sebelumnya Sonic Teater).

Saat ini, podcast format distribusi yang paling menjanjikan bagi produsen drama radio independen. Podcast menyediakan alternatif yang baik untuk televisi dan radio utama karena mereka tidak memiliki pembatasan mengenai panjang program atau konten. [15]
Drama radio di seluruh dunia

Drama radio di Jepang
Vividh Bharati layanan dari All India Radio memiliki Hindi berjalan lama radio drama Program Hawa Mahal
Pertanian Radio International [16]
Radio Drama Asosiasi Afrika di Nigeria

Bacaan lebih lanjut

Tim Crook: Drama Radio. Teori dan praktek. London, New York: Routledge, 1999. ISBN 0415216028
Armin Paul Frank: Das englische und amerikanische Hörspiel. München: Fink, 1981.
Walter K. Kingson dan Roma Cowgill: Radio drama akting dan produksi. Sebuah buku pegangan. New York: Rinehart, 1950.
Karl Ladler: Hörspielforschung. Schnittpunkt zwischen Literatur, Medien und Ästhetik. Wiesbaden: Deutscher Universitäts-Verlag, 2001.
Lawton Sherman Paxton: Radio drama. Boston: Ekspresi Perusahaan, 1938.
Peter Lewis (ed.): Drama Radio. London, New York: Longman, 1981. ISBN 0582490529
Dermot Rattigan: Teater suara. Radio dan Imajinasi Drama. Edisi 2. Carysfort Tekan, 2003. ISBN 0953425754

Tidak ada komentar:

Posting Komentar