Welly dan murid

Welly dan murid
Siswa SMA YPPI 1 Surabaya seusai berpantomime

Rabu, 13 Juli 2011

SENI PERAN I (PANTOMIME) Pert II

Pertemuan ke 2

Sejarah Pantomime Dunia

· Mesir

Teater pada zaman Mesir Kuna secara umum berhubungan dengan pemujaan terhadap figure- figur yang telah meninggal, atau pemujaan kepada nenek moyangnya. Pantomime di Mesir merupakan perkembangan dari drama prasejarah Mesir yang dilakukan oleh orang-orang primitif dengan tarian-tarian. Lukisan tembok yang menunjukan keberadaan seni pantomime yakni di kerajaan Mesir Kuno (1900 SM), di sana ada tiga orang yang menari dengan judul Angin. Hal ini membuktikan bahwa gerakan-gerakan simbolis untuk memuja Dewa Best, dewa yang mengepalai semua Dewa semasa Mesir Kuno, dengan demikian jelas bahwa Pantomime Mesir Kuno memang ada.

· India

Di India pertunjukan drama yang asli tidak dapat melepaskan dari drama Bharata. Di mana Bharata sangat di kagumi sebagai penulis drama dan pemain. Seni pertunjukan pantomime di India adalah sebuah adegan dalam mitologi Wisnu. (Broadbent, R.J., 1865:36)

Di India pantomime pun tidak lepas dari dramanya, sekitar Tahun 100 SM., di India sudah ada sandiwara untuk menghibur para bangsawan dalam istana raja. Gaya pemain para aktor India sangat penuh dengan lambang-lambang, gerakan-gerakan berisyarat. Gerakan yang mengundang isyarat ini menjadi identifikasi seni pantomime, bahkan sudah sejak lama di India sebelum berkembang di Yunani dan Romawi (R.J. Broadbent, 1965:23)

· Yunani

Di Yunani Kuno, kehadiran seni pantomime menyatu dengan tradisi dramanya. Tragedi dan komedi bangsa Yunani ternyata karena pengaruh Mesir.

F Hedrotus

ahli sejarah Yunani pada masa Abad ke-5 SM, mengatakan bahwa kehadiran Dewa Dionysius itu sedikit banyak, terpengaruh Dewa Osisris dari Mesir. Maka di Yunani diperkirakan bahwa penerimaan kedewaan Mesir dan peralihannya kedalam legenda Yunani membawa upacara-upacara bangsa itu pertama kali, sungguh-sungguh dramatik (Pramana Padmadarmaya, 1978: 12)

F Aesiklos

Terkenal dengan Orestia-nya yang terdiri dari :

Argamemon, Pembawa korban, dan Para Pemberang, tragedi karyanya yang lain orang-orang Persia Tujuh Melawan Thebes, Para Pemohon.

Seni Pantomime di Yunani berkaitan dengan lakon-lakon komedi. Naskah Komedi Yunani yang selamat sampai sekarang hanya dari Aritophanes yang mengawinkan satir sosial-politik dengan fantasi, lawakan yang riuh, caci maki pribadi dan puisi lirik. (Jakob Sumarjo, 1986:13-14)

· Romawi

Seni pantomime di Romawi merupakan peralihan dari aktivitas drama-drama Yunani pula. Bentuk drama-drama minor seperti farce, mime, dan pantomime serta pertunjukan sensasional makin populer. Drama Roma lenyap setelah trjadinya peperangan bangsa-bangsa barbar dan munculnya kekuasaan gereja (R.J. Broadbent, 1965: 22). Tokoh komedi di jaman Romawi ialah terence (195-159 SM) dan Paulus (254-184 SM).

Topik Diskusi

1. Mengapa kehadiran Pantomime tidak lepas dari Drama?

2. Seni pantomime di Romawi merupakan peralihan dari aktivitas drama-drama Yunani pula, mengapa demikian?

3. Perkembangan awal sejarah pantomime Dunia itu di mulai dari Yunani atau India?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar