Welly dan murid

Welly dan murid
Siswa SMA YPPI 1 Surabaya seusai berpantomime

Rabu, 17 Februari 2010

Naskah drama Monolog

Welly SK

ORANG-ORANGAN

SUASANA SUNYI. TERLIHAT PANDANGAN NANAR ORANG BERTOPENG YANG TERSUNGKUR DENGAN KABEL KABEL YANG MENEMPEL TUBUH.

KETIKA LAMPU MULAI FADE IN ORANG ITU MENGGERAK-GERAKKAN TUBUHNYA PELAN-PELAN TAMBAH LAMA BERTAMBAH CEPAT DAN BERTAMBAH CEPAT DIBARENGI DENGAN SENGATAN LISTRIK DENGAN TEGANGAN YANG SANGAT KUAT BEBERAPA KALI DIIKUTI DENGAN TERIAKANNYA YANG MELEDAK KUAT SAMPAI AKHIRNYA DIA TERTELUNGKUP TANPA DAYA.

PELAN-PELAN DIA TERBANGUN DENGAN GERAMNNYA.

MENCOBA BANGUN PERLAHAN-LAHAN,LISTRIK MENYENGAT SATU KALI SAAT DIA SUDAH BERDIRI, PERLAHAN DIA MENGERAKKAN TANGANNYA.

Jauh……..

Jauh sekali !

Jauh, jauh, jauh…….

Saya sudah lama ada disini

Menikmatinya

Kenalilah saya sebagai penjaga

Yang segera menemui ajal ditengah kekayaan, kekuasaan, kemlaratan, ambisi, kesenangan, nafsu dan segalanya. Karena saya melihat! dulu, sekarang dan nanti manusia akan menjadi saya dan saya tidak akan menjadi penggila dan tergila-gila oleh segala-galanya yang menjadi proyek besar, bangsa besar, biadab besar.

Kenalilah saya

TERDENGAR MUSIK BUNYI TELPHON GENGGAM DAN SUARA TOMBOL DARI TELPHON GENGGAM

Ah…..

Suara itu datang lagi

DIA BERLARI MELONCAT BERUSAHA MENGEJAR KARENA MUSIK DAN SUARA TOMBOL TELPHON GENGGAM BERTAMBAH KERAS

LISTRIK MENYENGAT KUAT KEMBALI, DIA TERTELUNGKUP.

MUSIK MENJAUH DITEMANI DENGAN TAWA YANG MENGELILINGI TELINGA.

SUASANA KEMBALI SUNYI.

TEPAT DITEMPAT JATUH ORANG TERSEBUT, TERDAPAT TOPENG YANG TERGELETAK, TANGANNYA MERAYAP KEARAH TOPENG PELAN –PELAN, KETIKA TOPENG TERSEBUT SUDAH DITANGANNYA TOPENG TERSEBUT BERUSAHA LARI DAN ORANG TERSEBUT BERUSAHA MENAHANNYA.

Mau kemana kamu?

TOPENG TERSEBUT BERGERAK TERBANG MEMBELAKANGI ORANG TERSEBUT

Hei! Mau kemana kamu?

Maukah kau menjadi teknologi baruku?

TOPENG TERSEBUT BERGERAK TERBANG MEMBELAKANGI ORANG TERSEBUT, SEDANG ORANG TERSEBUT AKAN MEMASANG TOPENG TERSEBUT DI WAJAHNYA.

AKHIRNYA TOPENG TERSEBUT TERPASANG JUGA.

Telphon yang anda hubungi sedang tidak aktif silahkan coba beberapa saat lagi

ORANG BERGERAK LAYAKNYA ORANG KESETRUM

Silahkan lakukan pengisian pulsa

Ada berapa rupiah?

Ada berapa warna?

Untuk manusia?

TERTAWA, BERGERAK SEPERTI ORANG YANG BEBAS DAN BERGERAK LEPAS, DENGAN NAFAS YANG KEMBANG KEMPIS NAMUN BERJARAK.

Saya berasal dari jepang, namun kadang-kadang teman saya berasal dari Cina disini saya merajalela bisa bebas sebebas-bebasnya, Negara ini bebas apalagi sekarang perdagangan bebas telah disahkan.apalagi yang bisa dilakukan menangis, tertawa atau asyik seperti mendengar dongeng- dongeng atau cerita cinta seperti kisah romeo Juliet, adam dan hawa atau kisah mesin dan perangkatnya. Ya! Mesin dan perangkatnya yang dimakan, diminum didengar dan dirasakan manusia.

BERJALAN MENUJU KE CHARGER TELPHON GENGGAM BESAR YANG TERTANCAP PADA SEBUAH STOFCONTAK

Manusia adalah ini

Ini adalah manusia

ORANG TERTAWA SEMBARI MENGELUS-ELUS CHARGER TERSEBUT

KEPALANYA MENGGELENG-GELENG SEPERTI PUAS

Saya akan mencoba mencabutnya pelan-pelan dan apa yang akan terjadi.

MENGANGKAT KEMUDIAN MEMBAWANYA BERJALAN KEARAH TENGAH PANGGUNG

Inilah yang akan memberikan semangat manusia, apa orang-orang itu juga memilikinya. Pasti, pasti mereka memilikinya tukang becak, kuli bangunan, pemulung dan semua orang kaya.

DIA MENDEKATI TOPENG YANG TERGELETAK DILANTAI

Hei….manusia.

Hoi…..manusia

Apakah kau tahu

Hoi manusia apakah kau tahu aku dan mengerti aku

Hei……….

TOPENG TERSEBUT MELOMPAT KETANGAN ORANG DAN MENCOBA MENYERANG ORANG, SAMPAI AKHIRNYA KEDUA TOPENG TERSEBUT BERADA PADA TANGAN ORANG TERSEBUT DAN MEREKA BERTIGA SALING BERTATAP MUKA.

MANUSIA MENGHINA TOPENG TANGAN KANAN

Bangsat!

TOPENG TANGAN KIRI MENGHINA TOPENG TANGAN KANAN

Biadab!

MANUSIA MEMANDANG KEDUANYA DENGAN EMOSI

Diam kalian! Apa pentingnya kalian disini dan apa manfaat kalian saya adalah yang paling berkuasa disini dan yang paling memiliki kehidupan disini

TOPENG TANGAN KIRI MENEMPEL KEWAJAH MANUSIA

Saya sudah menguasai kalian saya

Saya….

Saya….

Liatlah di jalan-jalan

BERJALAN MENGAMBIL TERPHONE GENGGAM YANG BESAR

Ini, ini adalah saya, ini adalah saya

ORANG TERSEBUT MELOMPAT-LOMPAT

MANUSIA MELEMPARKAN TOPENG DARI WAJAHNYA.

TOPENG TANGAN MENEMPEL DIWAJAH MANUSIA TAPI MANUSIA SEGERA MELEMPARKANNYA.

Saya manusia yang sebenarnya sangat membutuhkan kalian ini, ini saya butuh saya butuh, saya……memegang sambil tertawa

Black out

Selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar